KESDM Imbau Seluruh Kementerian Gunakan Kendaraan Listrik

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 24/01/2022 11:32 WIB
KESDM Imbau Seluruh Kementerian Gunakan Kendaraan Listrik Salah satu merek kendaraan motor listrik (Doc: Viva)

RADARBANGSA.COM - Kementerian ESDM mengimbau kepada seluruh Kementerian dan Lembaga pemerintahan di Indonesia, untuk turut menggunakan kemdaraan listrik, khususnya di sektor kendaraan roda dua.

Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan Sripeni Inten Cahyani mengatakan imbauan itu dimaksudkan agar Indonesia lebih siap memasuki ekosisten Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Pemerintah menargetkan enam juta kendaraan roda dua dapat dikonversi hingga lima tahun mendatang. Untuk mencapainya, Kementerian ESDM akan mengusulkan program konversi menjadi mandatori bagi kendaraan operasional kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, yang dianggarkan dalam APBN,” ungkapnya dalam keterangan resmi, diakses Senin 24 Januari 2022.

Dalam Grand Strategi Energi Nasional (GSEN) pemerintah menargetkan sebanyak 13 juta unit KBLBB roda dua akan tersedia pada tahun 2030.

"Untuk memenuhi target GSEN tahun 2030 sejumlah 13 juta unit kendaraan roda 2, maka potensi penghematan BBM sekitar Rp.36 triliun per tahun dan menurunkan emisi GRK 7,5 juta ton CO2e per tahun", sambungnya.

Dia menekankan Kementerian ESDM akan memposisikan diri sebagai katalisator program konversi sepeda motor dan siap bekerja sama dengan kementerian/lembaga.

Kesuksesan program ini, akan membuka pasar dan mempercepat laju penerapan pada masyarakat, sehingga akan turut menggiatkan perekonomian nasional dengan melibatkan sektor UMKM dan industri lokal.