Wapres Maruf Amin Dorong Pengembangan Industri Halal di Madura

Rahmad Novandri | Kamis, 13/01/2022 19:01 WIB
Wapres Maruf Amin Dorong Pengembangan Industri Halal di Madura KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mendorong pengembangan industri produk halal di Indonesia. Saat kunjungan kerja ke Pulau Madura, Kiai Maruf berharap industri produk halal dapat berkembang di wilayah tersebut.

"Gaya hidup Islami yang mengakar kuat di tengah masyarakat tentu menjadi awal yang baik untuk percepatan halal lifestyle secara lebih luas. Pertumbuhan industri produk halal kami harapkan dapat dikembangkan di Madura," kata Kiai Maruf saat meresmikan Halal Center di Universitas Trunojoyo Madura, Kamis, 13 Januari 2022.

Dijelaskannya, industri produk halal sangat banyak untuk dikembangkan, meliputi sektor makanan dan minuman, pertanian, perikanan dan kelautan, pariwisata, dan banyak potensi lainnya. Wapres meminta agar pengembangan industri produk halal di Pulau Madura menjadikan masyarakat setempat sebagai subjek pembangunan.

Kiai Maruf juga mendorong Pemprov Jawa Timur untuk menyusun upaya strategis dan terencana agar pengembangan industri di daerah dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat setempat. "Diharapkan pengembangan industri di Pulau Madura menempatkan masyarakat Madura sebagai subjek pembangunan, salah satunya dengan bertumpu kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)," tuturnya.

Lebih lanjut, Wapres juga meminta masyarakat Madura terlibat dalam pengembangan industri produk halal di daerahnya. Sehingga, masyarakat tidak hanya menjadi penonton tapi juga sebagai pelaku industri.

"Jangan sampai nantinya warga Madura hanya menjadi penonton dari gemuruh pembangunan industri di wilayahnya sendiri," tandasnya.