Tahun Ini Kinerja Ekspor Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 24/12/2021 13:24 WIB
Tahun Ini Kinerja Ekspor Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa Peti Kemas (Doc: Kemenperin)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan bahwa di tahun ini kinerja ekspor Indonesia berhasil mencetak rekor baru sejak 2011 silam.

Mendag mengatakan ekspor di Bulan November 2021 yang mencatatkan USD 209 miliar telah melampui rekor ekspor tahun 2011 dimana nominalnya adalah USD 203,5 miliar.

"Bisa dibayangkan, kalau ekspor pada Desember konsisten dengan 11 bulan pertama, artinya ekspor Indonesia akan menembus 230 miliar dolar AS," ujar Mendag, dalam konferensi pers secara hybrid, Kamis 23 Desember 2021.

Menurut Mendag, angka tersebut menunjukkan Indonesia akan mencetak rekor dan menandakan ekspor RI kini berevolusi dari ekspor komoditas primer, menjadi komoditas industri pengolahan.

"Jadi, kalau kita lihat tahun 2011 itu tiga dari lima produk yang diekspor adalah komoditas primer atau barang-barang tambang, seperti batubata, karet, dan bijin logam. Tahun ini pertumbuhannya sudah berevolusi menjadi bahan industri," ujar Mendag Lutfi.

Bahkan Mendag tak menyangka bahwa besi baja menjadi salah satu primadona ekspor saat ini, di mana hal tersebut tak pernah terbayang pada 10 tahun yang lalu.

"Produk lain yaitu elektronik, dan yang selalu menjadi pujaan saya adalah otomotif. Jadi ini adalah evolusi yang luar biasa dari Indonesia," ujar Mendag.


Berita Terkait :