Komisi XI DPR Dorong OJK dan BI Dukung Peningkatan UMKM Jabar

Rahmad Novandri | Minggu, 19/12/2021 21:56 WIB
Komisi XI DPR Dorong OJK dan BI Dukung Peningkatan UMKM Jabar Drs Fathan Subchi (wakil Ketua Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Komisi XI DPR RI terus berupaya meningkatkan daya saing UMKM di seluruh Indonesia. Untuk itu, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fathan Subchi, mendorong adanya percepatan perkembangan ekonomi, khususnya di Jawa Barat (Jabar). 

Salah satu upaya yang dilakukan yakni perlu campur tangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) untuk mengarahkan UMKM menggunakan sistem digitalisasi. Hal itu agar data saing UMKM terus meningkat tak hanya nasional tapi juga global. 

"Kita mendorong OJK dan Bank Indonesia, (bahwa) digitalisasi UMKM sangat penting karena marketing, packaging dan lain-lain, daya saing utamanya akan ditentukan oleh digitalisasi. Sehingga kata kunci dari daya saing kita adalah digitalisasi, kalau tidak kita akan ketinggalan jauh dari UMKM lain," kata Fathan seperti dilansir dari laman resmi DPR RI, Minggu, 19 Desember 2021.

Tak hanya itu, lanjut Legislator Fraksi PKB itu, ekonomi Jabar dilaporkan mengalami peningkatanyang cukup signifikan. Sehingga, pihaknya optomis ekonomi Jabar di masa pandemi lebih cepat pulih. 

"Kita melihat laporan dari OJK, Bank Indonesia kemudian dari Kementerian Keuangan yang diwakili Ditjen Pajak, kita optimis Jawa Barat ternyata perkembangannya (ekonomi) cukup signifikan. Laporan-laporan dari perkembangan UMKM, kemudian pertumbuhan kredit apalagi sektor perumahan cukup membaik. Oleh karena itu kita optimis Jawa Barat tahun 2022 akan mengalami recovery lebih awal dari provinsi lain,” imbuhnya saat memimpin tim kunjungan kerja Komisi XI DPR RI ke Kantor OJK Regional 2 Jabar, Jumat, 17 Desember 2021 lalu.