Indonesia Penghasil Karet Terbesar Kedua di Dunia, Ekspor Perlu Dioptimalkan

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 23/11/2021 09:30 WIB
Indonesia Penghasil Karet Terbesar Kedua di Dunia, Ekspor Perlu Dioptimalkan Petugas Fasilitasi Ekspor Karet ke China (Doc: Barantan)

RADARBANGSA.COM - Indonesia adalah penghasil karet alam terbesar kedua di dunia. Peran ini harus diselaraskan dengan peningkatan ekspor mengingat sumber daya alam yang begitu melimpah.

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Doddy Rahadi mengatakan bahwa pemerintah sedang mendorong tujuan tersebut salah satunya lewat hilirisasi karet alam.

“Geliat hilirisasi industri barang karet berbasis karet alam pada sektor IKM masih perlu ditingkatkan dari sisi jumlah maupun kualitasnya,” ungkap Doddy dalam keterangannya, Selasa 23 November 2021.

Menurut Kepala BSKJI, guna mewujudkan upaya tersebut, pihaknya menjalankan program Dana Kemitraan Peningkatan Teknologi (DAPATI).

Program strategis ini bertujuan untuk memfasilitasi pelaku IKM yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dalam upaya penguasaan teknologi dan peningkatan kualitas produknya agar bisa berdaya saing, termasuk IKM pangan maupun non-pangan.

“Dalam program DAPATI, kami mendorong IKM dalam penerapan optimalisasi teknologi, desain rancang dan rekayasa proses serta diversifikasi inovasi produk sehingga IKM dapat mendorong laju hilirisasi komoditas unggulan daerah, seperti karet alam,” papar Doddy.

Langkah ini selaras dengan kebijakan substitusi impor, hilirisasi komoditas unggulan, dan optimalisasi tingkat kandungan dalam negeri.

Melalui program DAPATI, menurutnya, akan dapat membantu pemerintah daerah secara langsung dalam pembinaan dan pengembangan IKM dalam pengembangan hilirisasi komoditas unggulan daerah seperti karet alam.


Berita Terkait :