Sambangi Pameran GIIAS, Jokowi: PPnBM Dongkrak Penjualan Mobil Hingga 60 Persen

M. Isa | Rabu, 17/11/2021 18:33 WIB
Sambangi Pameran GIIAS, Jokowi: PPnBM Dongkrak Penjualan Mobil Hingga 60 Persen Pameran otomotif GIIAS 2021 (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (17/11/2021).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah telah membuat kebijakan relaksasi pajak penjualan barang mewah atau PPnBM bagi sejumlah mobil yang memenuhi syarat. Menurutnya, industri otomotif salah satu yang terdampak sangat besar karena pandemi Covid-19.

“Pemerintah tahu bahwa industri otomotif ini membawa gerbong yang tidak sedikit untuk UMKM-UMKM yang menyuplai komponen-komponen yang ada. Oleh sebab itu, pemerintah kemudian membuat kebijakan untuk sementara relaksasi dengan PPnBM,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, kebijakan tersebut membuahkan hasil yang dapat dilihat dari meningkatnya produksi dan penjualan dari industri otomotif mendongkrak kenaikan penjualan mobil hingga lebih dari 60 persen.

“Terakhir angka yang saya dapatkan ada kenaikan kurang lebih 60 persen. Ini sangat baik untuk memberikan dorongan pada pemulihan ekonomi,” jelasnya.

Untuk diketahui, relaksasi PPnBM diberikan pemerintah melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20/PMK.010/2021 yang mengatur pemberian insentif untuk segmen 1.500 cc ke bawah kategori sedan dan 4×2 dengan komponen pembelian dalam negeri (local purchase) paling sedikit 70 persen.



 

 

 


Berita Terkait :