Hingga Tahun Depan, Garuda Indonesia Pangkas 68 Pesawat

Rahmad Novandri | Selasa, 09/11/2021 16:51 WIB
Hingga Tahun Depan, Garuda Indonesia Pangkas 68 Pesawat Garuda Indonesia (foto: tiketcom)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah terus berupaya mencari solusi terbaik untuk memperbaiki kinerja PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Salah satunya adalah memangkas jumlah pesawat yang beroperasi.

Wakil menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan, jumlah pesawat Garuda tahun 2019 sebanyak 202 akan dikurangi menjadi 134 pesawat tahun 2022 nanti. Artinya, akan ada pengurangan sebanyak 68 pesawat.

"Jumlah pesawat juga akan menurun drastis, detilnya ada di bawah itu, dari 202 pesawat itu menurun di 2022 menjadi 134 pesawat. Karena memang sebagian sudah di-grounded juga oleh lessor," terang Tiko, sapaan akrabnya, dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Selasa, 9 November 2021.

Tak hanya pengurangan pesawat yang beroperasi, Tiko menyebut jenis pesawat yang akan digunakan dari 13 jenis menjadi 7 jenis. Selain itu, rute Garuda juga akan dioptimalkan dengan fokus pada rute domestik dan mengurangi rute internasional.

"Internasional hanya beberapa yang di-serve itu pun sebagian besar karena ada volume kargo yang baik," tuturnya.

Tiko mengungkapkan, pihaknya juga akan terus melakukan negosiasi ulang kontrak-kontrak pesawat. Serta, lanjutnya, meningkatkan kontribusi kargo.

"Harapannya memang tadi kami sampaikan sewa pesawat yang melebihi benchmark internasional kita akan tekan serendah mungkin sehingga menyamai benchmark internasional," tandasnya.