Minat Masyarakat Gunakan Kendaraan Listrik Meningkat

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 03/11/2021 23:09 WIB
Minat Masyarakat Gunakan Kendaraan Listrik Meningkat Motor Listrik VIAR (foto:oto.com)

RADARBANGSA.COM - Minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik dilaporkan semakin semakin tinggi. Hal itu, salah satunya terlihat dari produksi model terbaru dari sejumlah perusahaan otomotif

Direktur PT Volta, Willty Awan, mengatakan jumlah peminat kendaraan listrik memang bertambah setiap tahunnya. Namun, yang harus diperhatikan adalah standarisasi kendaraan seperti baterai itu sendiri.

"Standarisasi ini sudah menjadi keharusan agar produk bisa dipercaya masyarakat. Karena selama ini masyarakat masih awam dengan kendaraan listrik," ujar Willty seperti dikutip dari Republika, Rabu 3 November 2021.

Volta sendiri, kata dia, saat ini tengah membangun industri di Semarang. Tahap awal produksi kendaraan listrik mencapai 3.000 unit per bulan. Ke depannya dengan permintaan yang terus meningkat, produksi di pabrik ini akan menjadi 10 ribu per bulan.

"Saya optimistis dengan produksi karena permintaan kendaraan listrik di Indonesia naik," katanya.

Menurut Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Kukuh Achmad, saat ini pihaknya mulai kebanjiran perusahaan yang ingin mendapat sertifikat nasional Indonesia (SNI) untuk kendaraan listriknya.

BSN hingga saat ini sudah menetapkan 34 SNI terkait kendaraan listrik, dimana 14 SNI di antaranya adalah SNI untuk Sistem Charging Kendaraan Listrik. Sementara SNI terbaru yang dirilis BSN adalah 8 SNI terkait baterai kendaraan listrik.

"Ke depan bahan bakar yang biasa kita pakai sekarang seperti bensin akan habis. Maka kendaraan berbahan bakar fosil akan berubah menjadi bahan bakar listrik," ujar Kukuh.