Buka Trade Expo Indonesia, Presiden Jokowi Optimis Tingkatkan Investasi

M. Isa | Kamis, 21/10/2021 18:27 WIB
Buka Trade Expo Indonesia, Presiden Jokowi Optimis Tingkatkan Investasi Presiden Jokowi (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 Digital Edition secara hybrid di Jakarta, Kamis 21 Oktober 2021. Acara yang mengusung tema ‘Reviving Global Trade’ ini secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengaku optimis pelaksanaan TEI kali ini dapat meningkatkan perdagangan dan investasi baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Saya optimis bahwa perdagangan dan investasi akan meningkat, serta perekonomian Indonesia juga akan semakin berkembang. Saya juga yakin, penyelenggaraan TEI ini merupakan salah satu solusi sebagai penghubung bagi pelaku usaha khususnya para eksportir dan buyers untuk menjalin kerja sama bisnis serta sebagai pengungkit ekonomi pelaku usaha dan industri,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, TEI-DE 2021 merupakan salah satu upaya menghidupkan kembali perdagangan global sekaligus sebagai terobosan baru bagi pelaku usaha Indonesia dalam memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi yang mengalami kelesuan akibat pandemi Covid-19.

“Dengan adanya pandemi Covid-19, Kementerian Perdagangan melakukan terobosan dengan menggelar TEI-DE 2021 yang bertujuan untuk mendorong promosi dan menyajikan pameran produk unggulan kepada para importir di seluruh dunia yang hingga saat ini ruang geraknya secara fisik masih sangat terbatas,” ujar Mendag.

Menurutnya, TEI-DE 2021 menargetkan total pengunjung dan buyer sebanyak 500.000 orang dengan jumlah transaksi sebesar USD 1,5 miliar atau senilai Rp21,1 triliun.