Pertumbuhan Ekonomi China Meleset Dari Perkiraan

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 18/10/2021 17:17 WIB
Pertumbuhan Ekonomi China Meleset Dari Perkiraan Bursa Saham China (Foto: World Economic Forum)

RADARBANGSA.COM - Realisasi pertumbuhan ekonomi China kuartal ketiga 2021 meleset di bawah ekspektasi pelaku pasar.

Mengutip AFP, pada kuartal III, Ekonomi China tumbuh 4,9%. Kondisi ini disebabkan oleh sektor properti yang berjuang dengan langkah-langkah kebijakan yang lebih ketat dan krisis energi yang membayangi.

Data resmi Biro Statistik Nasional (NBS), menyebutkan pasar domestik masih tidak stabil dan tidak merata. Ini terjadi meski ekonomi sudah mulai bangkit dari pemulihan pandemi. Angka terbaru ini di bawah ekspektasi pertumbuhan 5,0% yang diprediksi oleh analis.

Selain itu, GDP China juga turun tajam dari pertumbuhan 7,9% pada kuartal kedua 2021 lalu.

"Kita harus mencatat bahwa ketidakpastian lingkungan internasional saat ini meningkat dan pemulihan ekonomi domestik masih tidak stabil dan tidak merata," kata Juru Bicara NBS Fu Linghui seperti dikutip, Senin 18 Oktober 2021.

Secara sektoral, pertumbuhan produksi industri melambat menjadi 3,1% pada bulan September lalu. Di sisi lain, ritel naik menjadi 4,4%. Untuk pengangguran perkotaan di level 4,9% pada bulan lalu.

Analis menyebut bahwa krisis properti yang dialami oleh raksasa Evergrande masih menjadi biang keladi dari perlambatan ini. Selain itu, krisis energi yang mulai membayangi juga memperlambat output industri.


Berita Terkait :