Menperin: Indonesia Siap Masuki Ekosistem Kendaraan Listrik

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 18/10/2021 12:01 WIB
Menperin: Indonesia Siap Masuki Ekosistem Kendaraan Listrik Skuter Listrik Honda (foto:Honda)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut bahwa Indonesia telah menyatakan kesiapannya untuk memasuki era kendaraan listrik.

Tekad itu salah satunya diperjelas dengan penerbitan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) untuk Transportasi Jalan.

Tidak hanya itu, rencana prioritas pengembangan industri otomotif beserta komponennyaa pada 2020 – 2035 juga menjadi salah satu pijakan kuat Indonesia dalam menyiapkan ekosistem kendaraan listrik.

Menurut Agus, untuk menciptakan ekosistem dalam pengembangan kendaraan listrik, diperlukan keterlibatan dari para pemangku kepentingan yang meliputi industri otomotif, produsen baterai, dan konsumen.

”Bahkan, dalam upaya pengembangan BEV ini juga memerlukan kegiatan pilot project serta ketersediaan infrastruktur seperti charging station,” kata Agus dalam webiner daring, Jumat 15 Oktober 2021.

Adapun pihaknya akan menargetkan produksi BEV pada tahun 2030 dapat mencapai 600 ribu unit untuk roda 4 atau lebih, serta 2,45 juta unit untuk roda 2. 

“Produksi kendaraan listrik diharapkan mampu menurunkan emisi CO2 sebesar 2,7 juta ton untuk roda 4 atau lebih dan sebesar 1,1 juta ton untuk roda 2,” pungkas Menperin.