IHSG Beprotensi Menguat, Ini Rekomendasi Saham Pilihan

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 30/09/2021 09:54 WIB
IHSG Beprotensi Menguat, Ini Rekomendasi Saham Pilihan IHSG (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini berpeluang untuk melanjutkan proses kenaikan, setelah kemarin ditutup menguat 0,81 persen ke level 6.162.

Analis PT Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus mengatakan IHSG tetap memiliki potensi untuk bergerak menguat menuju area atas 6.200.

"Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat saat ini IHSG berpeluang untuk bergerak menguat dan diperdagangkan pada kisaran 6.118-6.218,” ujar Nico, dalam riset harian yang dirilis di Jakarta, Kamis 30 September 2021.

Pernyataan Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell, dan sejumlah petinggi bank sentral terkait kehati-hatian terhadap laju inflasi menjadi sentimen positif bagi pelaku pasar, mengingat saat ini laju inflasi mulai meningkat karena adanya gangguan rantai pasok di tengah tingginya permintaan.

Sementara itu, sentimen dari dalam negeri ada pada rencana pemerintah terkait ekspor energi listrik sebesar 300 megawatt melalui transmisi bawah laut 400 kilovolt ke kawasan Asia Tenggara. Nantinya, listrik yang akan diekspor tersebut akan bersumber dari energi baru terbarukan.

Untuk perdagangan hari ini, Nico menyampaikan Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan investor untuk mempertimbangkan akumulasi pembelian saham ASRI dan BIRD.

Sementara jika menurut Analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya, saham yang direkomendasikan adalah BBCA, BBNI, UNVR, AALI, SMGR, ASII dan AKRA.

Dan justru, William menilai pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini akan berbalik melemah. Adapun rentang support-resistance berada di posisi 5.969-6.202.

"Perkembangan dari pergerakan IHSG masih terlihat betah berada dalam fase konsolidasi wajar, karena minimnya sentimen positif yang dapat mem-booster kenaikan IHSG hingga menjelang berakhirnya kuartal III-2021," kata William.