Pertama di Asia Tenggara, Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Baterai di Karawang

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 16/09/2021 14:20 WIB
Pertama di Asia Tenggara, Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Baterai di Karawang Foto: Presiden Jokowi di Groundbreaking Pabrik Industri Kendaraan Listrik, Karawang, 15 September 2021 (Doc: Set Neg)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik, PT HKML Battery Indonesia, di Karawang, Jawa Barat, Rabu 15 September 2021.

Ini merupakan pabrik baterai pertama di Indonesia dan Asia Tenggara (ASEAN). Sebagai tahap awal, pabrik dibukakan pintu untuk impor bahan baku sampai dua tahun.

Pembangunan pabrik senilai 1,1 miliar dolar AS tersebut merupakan kolaborasi antara perusahaan Korea Selatan dan Indonesia. Konsorsium Hyundai yang terdiri atas Hyundai Motor Company, KIA Corporation, Hyundai Mobis, dan LG Energy Solution bekerja sama dengan PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC).

“Dengan mengucap bismillah, groundbreaking pabrik industri baterai kendaraan listrik PT HKML Baterai Indonesia saya nyatakan dimulai,” kata Jokowi, seperti dikutip, Kamis 16 September 2021.

Presiden mengatakan, pembangunan pabrik baterai ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah untuk melakukan hilirisasi industri. Menurutnya, era kejayaan komoditas bahan mentah sudah berakhir. Indonesia harus mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas ke industrialisasi

Dengan perubahan tersebut, Jokowi yakin Indonesia dapat menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis pada pengembangan inovasi teknologi.

Upaya ini dinilainya menjadi strategi bisnis besar Indonesia untuk secepatnya

keluar dari negara pengekspor bahan mentah serta menghilangkan ketergantungan pada produk-produk bahan impor melalui percepatan revitalisasi industri pengolahan.

“Sehingga, bisa memberikan peningkatan nilai tambah ekonomi yang semakin tinggi,” ujarnya menambahkan.


Berita Terkait :