PPKM Batasi Keyakinan Konsumen ke Perekonomian

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 08/09/2021 15:01 WIB
PPKM Batasi Keyakinan Konsumen ke Perekonomian Pengunjung Mall gunakan masker saat pandemi (Doc: Liputan6)

RADARBANGSA.COM - Survei konsumen Bank Indonesia (BI) pada Agustus 2021 menyebutkan indeks keyakinan konsumen (IKK) terhadap kondisi ekonomi masih tertahan.

Hal ini terjadi seiring dengan berlanjutnya kebijakan pembatasan mobilitas pada periode survei untuk mengatasi penyebaran varian Delta Covid-19.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan nilai IKK pada Agustus 2021 tercatat 77,3 poin. Nilai ini lebih rendah dibandingkan periode Juli 2021, yakni 80,2 poin. Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan mulai membaik.

"Ini terjadi terutama pada ekspektasi konsumen yang menguat baik dari aspek penghasilan maupun kegiatan usaha ke depan, yang didorong oleh perbaikan mobilitas sejalan dengan relaksasi pembatasan aktivitas masyarakat," kata Erwin dalam keterangannya, Rabu 8 Agustus 2021.

Meski begitu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan mulai membaik. Terutama pada ekspektasi konsumen yang menguat baik dari aspek penghasilan maupun kegiatan usaha ke depan.

"Ini didorong oleh perbaikan mobilitas sejalan dengan relaksasi pembatasan aktivitas masyarakat," tegasnya.


Berita Terkait :