Kelangkaan Batu Bara, PLN Bakal Beli Langsung Dari Pemilik Tambang

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 01/09/2021 08:07 WIB
Kelangkaan Batu Bara, PLN Bakal Beli Langsung Dari Pemilik Tambang Komoditas Batu bara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM  - PT PLN (Persero) melakukan mitigasi terkait kabar kelangkaan batu bara dengan membeli lansgung dari pemilik tambang.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN, Agung Murdifi mengatakan langkah itu dilakukan guna menjaga pasokan listrik nasional

“PLN mengantisipasi berbagai risiko yang mempengaruhi operasional, termasuk ketersediaan energi primer, PLN pun taktis, strategis dan berdampak jangka panjang,” kata Agung, dikutip dari keterangan resminya, Rabu 1 September 2021.

Terkait  kabar kelangkaan batu bara dalam 6 bulan terakhir, diungkapkanya imbas dari berbagai faktor seperti cuaca, disparitas harga yang tinggi di pasar internasional hingga pandemi Covid-19.

“Berbagai upaya juga diambil PLN untuk mengamankan pasokan batu bara seperti menyiapkan digitalisasi, early warning system integrated system dan kerja sama yang intensif antara PLN dan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),” kata Agung.

Selain itu, implementasi alternatif pasokan melalui pembelian batu bara di pasar spot, optimasi distribusi pasokan, dan perbaikan pengelolaan logistik termasuk penjadwalan pengiriman juga terus dilakukan.

“PLN berterima kasih atas langkah-langkah pemerintah dalam memastikan kesinambungan serta keandalan pasokan batu bara dan sistem kelistrikan,” tukasnya.


Berita Terkait :