KAI Target Targetkan Angkutan Barang Naik 19 Persen

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 03/08/2021 09:19 WIB
KAI Target Targetkan Angkutan Barang Naik 19 Persen Kereta Api. (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) optimistis jika kinerja angkutan barang akan tumbuh positif di tahun ini. Terlebih kondisi pandemi Covid-19 membuat volume angkutan penumpang KAI turun drastis dikarenakan adanya pembatasan mobilisasi.

"Kami proyeksikan volume angkutan barang pada semester dua tahun ini naik 19,3 persen dibandingkan semester satu," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Senin 2 Agustus 2021.

Meskipun jumlah penumpang banyak tergerus semenjak pandemi Covid-19, Joni menuturkan angkutan barang KAI masih cukup berpeluang. Joni mengatakan, pada semester dua tahun ini, KAI menargetkan sebesar 28,2 juta ton angkutan barang yang dapat dilayani.

Proyeksi tersebut pun juga meningkat jika dibandingkan kinerja angkutan barang KAI pada periode yang sama 2020.

"Proyeksi ini naik 22,6 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada semester dua tahun 2020," ungkap Joni.

Joni menambahkan, volume angkutan barang KAI sepanjang semester satu tahun ini memperlihatkan angka yang positif. Pada semester satu tahun ini KAI melayani angkutan barang sebanyak 23,6 juta ton.

"Jumlah angkutan barang yang dilayani KAI pada semester satu 2021 naik 6,7 persen dibandingkan periode yang sama pada 2020 dimana KAI mengangkut 22,1 juta ton barang," jelas Joni.

Dia menuturkan, sepanjang Juni 2021, barang yang diangkut KAI yaitu 4,3 juta ton. Angka tersebut juga menunjukkan peningkatan 4.8 persen dibandingkan Mei 2921 sebanyak 4,1 juta ton.

Joni memastikan KAI akan bekerja keras dalam meningkatkan performa angkutan barang.

"Kenaikan volume barang yang KAI layani ini sangat penting bagi KAI untuk tetap survive di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung," ungkap Joni.