Rupiah Melemah Menanti Kebijakan Moneter The Fed

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 27/07/2021 14:01 WIB
Rupiah Melemah Menanti Kebijakan Moneter The Fed Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Melemah (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pelaku pasar masih menanti pengumumkan kebijakan moneter bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve pada hari Kamis. Penantian ini membuat kurs rupiah terhadap dolar AS sedikit melemah pada siang ini.

Mengutip data Bloomberg, Selasa pukul 13.53 WIB, kurs rupiah berada di level Rp14.490 per dolar AS. Posisi tersebut melemah 7,5 poin atau 0,05% dibandingkan dengan posisi penutupan pasar spot pada Senin soredi level Rp14.482 per dolar AS.

Direktur PT Solid Gold Berjangka, Dikki Soetopo mengatakan kurs rupiah kemarin memang sukses membukukan penguatan melawan dolar AS meski tipis. Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang diperpanjang tetapi ada pelonggaran di beberapa sektor menjadi sentimen positif.

"Tetapi, hari ini dolar AS menguat sebab posisi beli (long) sedang menumpuk," kata Dikki seperti dikutip dari Indo Premier News, Selasa 27 Juli 2021.

Saat ini, pergerakan dolar AS tersebut menunjukkan adanya perbedaan pandangan di pasar terkait kebijakan The Fed. Ada analis yang memprediksi The Fed akan melakukan tapering atau pengurangan nilai program pembelian aset (quantitative easing/QE) dalam waktu dekat.

Sementara analis lain memprediksi bank sentral paling powerful di dunia akan menjadi yang paling telat dalam melakukan normalisasi suku bunga. 

"Perbedaan pandangan terkait kebijakan The Fed membuat pelaku pasar galau dan dolar AS menguat," tutup Dikki.