Seluruh Pasar Rakyat di Jawa-Bali Boleh Buka Selama PPKM Level 4

Rahmad Novandri | Senin, 26/07/2021 18:40 WIB
Seluruh Pasar Rakyat di Jawa-Bali Boleh Buka Selama PPKM Level 4 Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (foto: kemendag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan bahwa seluruh pasar rakyat di wilayah Jawa-Bali boleh dibuka selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Namun, ketentuannya diatur yakni buka sampai jam 8 malam dan kapasitas 50 persen.

"Jadi kalau kita lihat, pasar yang menjual barang-barang kebutuhan pokok, seluruh pasar rakyat di Jakarta boleh dibuka sampai dengan jam delapan malam dengan kapasitas 50 persen," ujar Lutfi dalam konferensi pers virtual, Senin, 26 Juli 2021.

Dijelaskannya, pasar di Jawa Barat aturannya sama dengan di Jakarta. Namun, khusus di Kota Bandung jam operasional pasar rakyat mulai pukul 4 pagi hingga 10 pagi dan di Bogor buka mulai pukul 5 pagi hingga 4 sore.

"Toko kelontong, agen, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, cucian kendaraan, dan usaha kecil juga boleh buka sampe jam 9 malam," tuturnya.

Sementara untuk warung makan, juga diperbolehkan buka sampai jam 8 malam dengan maksimal kunjungan adalah 20 menit dan tidak boleh lebih dari tiga orang.

"Memang kita masih mengalami pembatasan, tapi kita harap ini dapat membantu daripada pergerakan ekonomi di pasar-pasar dan warung-warung di Jawa dan Bali," ucap Lutfi.