Laba Bersih Unilever Turun Rp600 Miliar

Anata Lu’luul Jannah | Sabtu, 24/07/2021 09:19 WIB
Laba Bersih Unilever Turun Rp600 Miliar Unilever (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - PT Unilever Indonesia Tbk membukukan perlambatan kinerja sepanjang semester I 2021. Penjualan domestik turun 7,3 persen pada tahun berjalan Juni 2021, sehingga penjualan bersih pun turun dari Rp 21,7 triliun menjadi Rp 20,2 triliun secara tahunan atau year-on-year (YoY). 

Penurunan penjualan turut berdampak pada perolehan laba bersih emiten berkode saham UNVR ini. Pada kuartal II 2021, perseroan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 3 triliun dengan kategori makanan menjadi salah satu penopang utama pertumbuhan. Perolehan tersebut turun 15,8 persen dari Rp 3,6 triliun secara YoY.

Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk, Ira Noviarti, menyampaikan, pertumbuhan pasar FMCG belum sepenuhnya pulih karena pandemi Covid-19. Ini menyebabkan konsumen masih berhati-hati dalam memilih pola konsumsi di beberapa kategori basic. 

"Berbagai tantangan tersebut tentunya mempengaruhi tingkat pertumbuhan dari Perseroan. Kondisi ini juga ditambah dengan kenaikan harga komoditas yang mulai mempengaruhi biaya produk," kata Ira dalam keterangannya, Jumat 23 Juli 2021.

Ira mengatakan, meski paruh pertama 2021 masih penuh tantangan, pihaknya  optimistis dengan strategi perseroan untuk menjalankan bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan secara jangka panjang. 

"Ini adalah masa yang tidak mudah dilalui bagi kita semua tetapi Perseroan telah dan akan terus bersama Indonesia. Kami optimis bahwa jika semua pihak menjalankan perannya dengan sungguh-sungguh, bersama kita akan melewati masa sulit ini dan perekonomian Indonesia akan kembali bangkit," tutup Ira.


Berita Terkait :