Kementerian ESDM Lelang Enam Blok Migas

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 18/06/2021 11:01 WIB
Kementerian ESDM Lelang Enam Blok Migas Ilustrasi. Pengeboran Sumur Minyak (Foto: Ekbis Sindonews)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah kembali membuka lelang Wilayah Kerja Migas setelah sebelumnya vakum di tahun 2020 karena fluktuasi harga minyak mentah dunia dan wabah pandemi Covid-19.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif merinci jumlah Wilayah Kerja (WK) yang ditawarkan sebanyak 6 (enam) Wilayah Kerja yang terdiri dari 4 (empat) Wilayah Kerja dengan mekanisme Penawaran Langsung dan 2 (dua) Wilayah Kerja Migas dengan mekanisme Lelang Reguler.

Adapun keempat wilayah kerja tersebut adalah WK South CPP Onshore di Riau Barat, WK Sumbagsel Onshore di Sumatera Barat, WK Rangkas Onshore di Banten dan Jawa Barat, dan WK Liman Onshore dan Offshore di Jawa Timur.

Sementara dua WK Migas yang dilelang melalui mekanisme lelang reguler yaitu WK Merangin III Onshore di Sumatera Selatan dan Jambi serta WK North Kangen Offshore di Jawa Timur.

Pemerintah, kata Arifin telah melakukan upaya-upaya agar lelang Wilayah Kerja semakin menarik dengan perbaikan Terms & Condition.

Beberapa upaya ini meliputi perbaikan profit split Kontraktor dengan mempertimbangkan faktor risiko Wilayah Kerja, Signature Bonus terbuka untuk ditawar, FTP menjadi 10%, penerapan harga DMO 100% selama Kontrak dan fleksibilitas bentuk kontrak (PSC Cost Recovery atau PSC Gross Split),

"Partisipan bisa memilih skema PSC cost recovery atau gross split untuk lelang reguler. Namun untuk penawaran langsung, skema PSC diberikan berdasarkan pengajuan perusahaan yang telah melakukan studi bersama," katanya.

Selain itu juga terdapat ketentuan baru relinquishment (tidak ada pengembalian sebagian area di tahun ke-3 kontrak), kemudahan akses Data melalui mekanisme membership Migas Data Repository (MDR) serta pemberian insentif dan fasilitas perpajakan sesuai peraturan yang berlaku.

Ada pun dokumen lelang untuk penawaran langsung bisa diakses mulai 17 Juni-28 Juli 2021 dan penyerahan dokumen partisipasi ditetapkan pada tanggal 28-30 Juli 2021.

Sementara untuk dokumen lelang reguler bisa diakses mulai 17 Juni hingga 12 Oktober 2021. Penyerahan dokumen partisipasi dilakukan pada periode 12-14 Oktober 2021.

Pendaftaran dan akses dokumen penawaran bisa dilakukan melalui website e-tender: https://esdm.go.id/wkmigas. Bila mengakses data melalui keanggotaan MDR, maka dibebaskan dari biaya akses data.


Berita Terkait :