30 Juta UMKM Ditargetkan Terdigitalisasi di 2024

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 16/06/2021 11:42 WIB
30 Juta UMKM Ditargetkan Terdigitalisasi di 2024 Konsumen Banyak Adukan Perdagangan Online (Foto: Liputan6)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM terdigitalisasi hingga 2024. Untuk itu diperlukan sekitar 6 juta UMKM yang masuk digital per tahun guna target itu terealisasi.

"Kita punya target sampai 2024 UMKM on boarding di digital 30 juta. Saat ini per Mei (baru) 13,5 juta atau 21 persen. 21 persen kalau 13,5 juta dan 3 tahun (lagi untuk) 30 juta ini kan rata-rata 6 juta per tahun," ucap Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam sebuah webiner yag diselenggarakan baru baru ini.

Teten menuturkan di Indonesia saat ini usaha yang dirintis masyarakat kebanyakan usaha mikro. Penjualan pun paling efektif melalui media sosial.

Teten mengatakan dengan sisa waktu yang sedikit, cukup berat bagi pemerintah merealisasikan target tersebut. Sehingga, perlu adanya kolaborasi antar pihak.

“Kebanyakan kan mikro. Kalau kecil menengah satu juta, yang mikronya 96 persen. Mikro ini ada kaitan kapasitas terbatas, produk tidak memiliki daya saing butuh kurasi, agregasi. Mungkin lebih banyak di medsos. Tadi sudah banyak aplikasi yang bisa membantu jualan di medsos, distribusi pembayaran, logistik dan sistem," tutur dia.


Berita Terkait :