Menkop UKM Ungkap Tiga Strategi Tingkatkan Ekspor UMKM

Rahmad Novandri | Selasa, 15/06/2021 23:07 WIB
Menkop UKM Ungkap Tiga Strategi Tingkatkan Ekspor UMKM Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki (Foto: Liputan6)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan tiga strategi utama yang akan dan sedang dilakukan oleh pihaknya untuk meningkatkan ekspor UMKM di Indonesia. Langkah tersebut dilakukan agar produk UMKM bisa mendunia.

"Pertama, penguatan database, pemetaan potensi produk maupun pasar melalui Basis Data Tunggal UMKM, preferensi pasar di negara tujuan, jaringan distribusi dan gudang di luar negeri, serta affirmative-action penurunan tarif di negara tujuan dan memperluas kerja sama dagang luar negeri," ujar Teten di Jakarta, Selasa, 15 Juni 2021.

Kedua, peningkatan kualitas SDM dan produk melalui program pendidikan dan pelatihan, sekolah ekspor (target 500 ribu eksportir), standarisasi dan sertifikasi, dan factory sharing (FS). "Kami telah membuka pendaftaran bagi UKM yang memenuhi syarat untuk sertifikasi ISO, HACCP, SNI, organik, FSSC/BRC, dan SVLK," tuturnya.

Selanjutnya, ketiga adalah kemudahan pembiayaan dengan skema pembiayaan UKM untuk ekspor terus dipermudah diantaranya melalui kerja sama dengan beberapa sumber pembiayaan ekspor seperti LPEI/KURBE, LPDB-KUMKM, perbankan/himbara, dan skema alternatif lainnya crowd funding, modal ventura, dan CSR.

"Skema KUR sebagaimana arahan Presiden dapat dimanfaatkan dimana platform KUR dari sebelumnya maksimum Rp500 juta naik menjadi Rp20 miliar. Dan, KUR tanpa agunan naik dari Rp50 juta menjadi Rp100 juta," tandasnya.