Komisi XI DPR RI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Terus Membaik

Rahmad Novandri | Senin, 14/06/2021 19:36 WIB
Komisi XI DPR RI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Terus Membaik Dito Ganinduto (Ketua Komisi XI DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi XI DPR RI, Dito Ganinduto mengungkapkan, dirinya optimis perekonomian Indonesia di Triwulan I-2021 terus membaik. Menurutnya, berbagai intervensi ekonomi telah dilakukan melalui perbaikan berbagai kebijakan dalam mendukung stabilitas ekonomi dan keuangan.

“Sinyal pemulihan ekonomi juga terus berlanjut seiring perluasan pemberian vaksin dan kebijakan PPKM yang terkendali. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2021 menguat, terealisasi sebesar 93,4 % dan merupakan yang tertinggi sejak Desember 2020," kata Dito dalam Rapat Kerja DPR RI bersama pemerintah yang membahas Evaluasi Perekonomian Nasional dan Stabilitas Sistem Keuangan Triwulan I Tahun 2021 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Juni 2021.

Dijelaskannya, aktivitas konsumsi masyarakat juga menunjukkan perbaikan, dan diperkirakan akan terus menguat pada Triwulan II Tahun 2021, terutama konsumsi makanan dan minuman, informasi dan transportasi, pakaian, serta perlengkapan rumah tangga dan rekreasi. Data BPS menunjukkan, perekonomian Indonesia dalam proses menuju pemulihan dengan tumbuh - 0,74 persen di Kuartal I-2021.

Legislator Fraksi Partai Golkar itu menyampaikan, perbaikan tersebut merupakan hasil dari pelaksanaan APBN 2021 di mana terlihat dari konsumsi pemerintah dan rumah tangga yang terus menguat, serta ekspor-impor yang tumbuh positif. Selanjutnya, tambah Dito, Indonesia juga telah melanjutkan bauran kebijakan yang akomodatif untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Rapat kerja tersebut dihadiri secara langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur BI Perry Warjiyo, Ketua DK OJK Wimboh Santoso, dan Ketua DK LPS Purbaya Yudhi Sadewa.