Holding BUMN Industri Pertahanan Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 11/06/2021 11:44 WIB
Holding BUMN Industri Pertahanan Ditargetkan Rampung Tahun Ini Dokumentasi KRI Nanggala-402 (Foto: radarmilitercom)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan pembentukan Holding BUMN Industri Pertahanan rampung di tahun ini.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury mengatakan salah satu tujuan Holding BUMN Industri Pertahanan dibentuk untuk menggabungkan kekuatan BUMN industri pertahanan agar lebih fokus dan kolaboratif dan memenuhi kebutuhan alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam) nasional.  

"Pembentukan Holding BUMN Industri Pertahanan memberikan manfaat tidak hanya bagi BUMN anggota, negara atau pemerintah, tapi juga para pemangku kepentingan lainnya dan ekosistem pertahanan secara keseluruhan," ujar Pahala seperti dikutip dari keterengan resmi BUMN, Jumat 11 Juni 2021.

Hal yang sama dikatakan Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto. Ia mendukung rencana Induk Klaster Indhan ini.

"Dukungan juga dalam bentuk peningkatan skala dan penguatan posisi di pasar alpalhankam nasional dengan mengutamakan penggunaan produk buatan BUMN Indhan yang berkualitas," ungkap Donny.

Sementara itu Staff Ahli Wamenhan Andika mengatakan dalam rangka mewujudkan pelaksanaan peraturan mengenai industri pertahanan perlu ada satu program bersama yang konkrit di setiap matra sebagai pilot project untuk implementasi harmonisasi Industri Pertahanan.

"Melalui pembentukan holding, industri pertahanan akan berada di bawah brand yang baru yaitu Defend ID. Dengan brand image yang baru, diharapkan Industri Pertahanan akan mampu menunjukkan kapabilitasnya dalam menghasilkan produk-produk berdaya saing tinggi," kata Andika.


Berita Terkait :