Presiden Jokowi Perintahkan Jajarannya Proaktif Dampingi UMKM Masuk e-Commerce

Rahmad Novandri | Kamis, 10/06/2021 21:27 WIB
Presiden Jokowi Perintahkan Jajarannya Proaktif Dampingi UMKM Masuk e-Commerce Pengusaha UMKM (Doc: Pagar)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk proaktif melakukan sistem `jemput bola` dalam mendampingi UMKM masuk e-commerce atau ekosistem digital. Hal itu disampaikan menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki usai rapat terbatas terkait hilirisasi ekonomi digital di Istana Presiden, Jakarta, Kamis, 10 Juni 2021.

"Presiden mengarahkan harus ada strategi proaktif jemput bola, pendampingan, kurasi produk sampai ke SDM, pembiayaan, sampai mereka bisa onboarding di e-commerce," ujar Teten dalam keterangan pers secara virtual di Jakarta.

Dijelaskannya, Presiden Jokowi meminta adanya percepatan digitalisasi UMKM. Berdasarkan data Asosiasi E-Commerce Indonesia, per Mei 2021 sebanyak 13, 7 juta pelaku UMKM sudah onboarding di ekosistem digital atau sebesar 21 persen.

Teten menyampaikan, pemerintah menargetkan pada tahun 2024 mendatang sebanyak 30 juta UMKM sudah merambah ekosistem digital. "Dan tadi disepakati karena ini lintas sektoral akan dibentuk PMO atau manajemen profesional yang akan mengkoordinasikan proses digitalisasi ini," tuturnya.