Jawa Timur Siap Bidik Wisata Halal Dunia Tahun 2030

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 27/05/2021 12:53 WIB
Jawa Timur Siap Bidik Wisata Halal Dunia Tahun 2030 Halal Food (Doc: BatamNews)

RADARBANGSA.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan siap membidik Jawa Timur menjadi pusat wisata halal dunia di tahun 2030 nanti.

Dijelaskannya, Indonesia saat ini masuk dalam kekuatan ekonomi Islam nomor 4 dunia setelah Malaysia, Uni Emirates Arab dan Turki.

Posisi ini lantas menempatkan Indonesia untuk mengembangkan destinasi wisata karena negara lain yang penduduknya bukan muslim sebagai penduduk mayoritas telah menyediakan destinasi wisata halal.

"Ini yang mungkin bagi pelaku UKM IKM saya mohon dikomunikasikan para rektor perguruan tinggi dan stakeholder supaya semangat bisa menyiapkan produk halal termasuk didalamnya wisata halal menjadi pendorong semangat kekuatan kita bersama" terang Khofifah dalam sebuah kunjungannya, Rabu 26 Mei 2021.

Pada 2030 populasi umat muslim dunia akan mencapai 26% dari penduduk dunia sehingga akan menjadi kekuatan ekonomi, diperkirakan wisata halal dunia pada tahun 2026 omzetnya mencapai 300 miliar USD.

Ia, berharap dari kue omzet wisata halal dunia ini bisa dipotong 10% atau 30 miliar USD masuk Indonesia, maka Jawa Timur harus bisa mengambil porsi destinasi wisata halal ini dengan menyiapkan kawasan Halal Industrial Park di Sidoarjo.

"Halal sudah menjadi gaya hidup masyarakat global, maka masing-masing negara mendorong tumbuhnya ekonomi syariah, saat ini kita bisa melihat Islamic Finance Tower adanya di London, sehingga banyak hal kita harus bergerak lebih dinamis progresif perkembangan industri halal ini" tutupnya.


Berita Terkait :