Laba Bersih PLN Teraudit Naik 38,6% di 2020

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 25/05/2021 13:56 WIB
Laba Bersih PLN Teraudit Naik 38,6% di 2020 PT PLN (Doc: Ayo Jakarta)

RADARBANGSA.COM - PT PLN (Persero) membukukan laba bersih sebesar Rp 5,9 Triliun pada 2020. Posisi ini naik Rp 1,6 Triliun dibandingkan perolehan laba bersih tahun 2019 sebesar Rp 4,3 Triliun.

Direktur Utama, Zulkifli Zain mengatakan bahwa laba bersih PLN tahun 2020 tersebut dapat bertambah sebesar Rp 13,6 Triliun, apabila tidak mempertimbangkan pencatatan _unrealised loss_ selisih kurs sebesar Rp 7,7 Triliun, serta tambahan pengakuan pendapatan dari penyambungan pelanggan sebesar Rp 5,9 Triliun, jika pencatatannya dilakukan sama seperti tahun 2019 yang belum menerapkan PSAK 72. 

PLN lanjutnya, mencatat pendapatan usaha sebesar Rp 345,4 Triliun. Pendapatan usaha ini meliputi penjualan tenaga listrik mencapai Rp 274,9 Triliun dan pendapatan subsidi sebesar Rp 48,0 Triliun.

“Pencapaian ini merupakan hasil dari Transformasi PLN, yang berfokus pada peningkatan pendapatan dan menurunkan biaya pokok penyediaan, serta peningkatan layanan. Korporasi beralih dari strategi _supply driven_ ke _demand driven_, inovasi-inovasi menciptakan kebutuhan dari pelanggan baru dan eksisting, dan digitalisasi untuk menekan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) Listrik,” kata Zulkifli dalam keterangannya, Selasa 25 Mei 2021.

Dalam upaya meningkatkan pendapatan dan pelayanan kepada pelanggan, PLN nantinya mengembangkan lini usaha di luar kelistrikan dan melakukan optimalisasi aset PLN antara lain membangun layanan internet dan infrastruktur kendaraan listrik.

“Di sisi pengelolaan keuangan, PLN juga membangun _“Cash War Room”_ yang dikelola secara _prudent_ dan dimonitor _on daily basis_, _Management Information System_ yang terintegrasi, dan sistem pengadaan yang sebagian besar terdigitalisasi,” papar Zulkifli. 

Usaha-usaha di atas akan terus dilakukan dalam rangka mewujudkan Transformasi PLN menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan Nomor 1 Pilihan Pelanggan untuk Solusi Energi. 


Berita Terkait :