Minggu Ketiga April, Jumlah Penumpang KA Jarak Jauh Tidak Mengalami Lonjakan

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 26/04/2021 11:16 WIB
Minggu Ketiga April, Jumlah Penumpang KA Jarak Jauh Tidak Mengalami Lonjakan Penumpang Dianjurkan Terapkan Protokol Kesehatan di Kereta (Doc: KAI)

RADARBANGSA.COM - PT KAI melaporkan bahwa keberangkatan penumpang di wilayah Daop 8 Surabaya pada akhir pekan kemarin terpantau normal atau tidak terdapat lonjakan.

“Jumlah Kereta Api (KA) yang dijalankan tetap sama dengan pembatasan okupansi maksimal 70 persen dari ketersediaan tempat duduk keseluruhan pada setiap rangkaian,” ungkap Manajer Humas Daop 8 Surabaya Dalam keterangannya, Minggu 25 April 2021.

Ia merinci, terdapat 13 KA yang berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng dengan total penumpang sekitar 1.020 orang. Sementara untuk keberangkatan dari Stasiun Surabaya Pasarturi terdapat 8 KA yang beroperasi dengan total penumpang sekitar 1.358 oranh.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti, KAI menyesuaikan aturan keberangkatan sesuai sesuai dengan SE Satgas Penanganan COVID-19  1 tentang peniadaan mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6 - 17 Mei 2021.

Bagi yang ingin memesan tiket KA hanya diperbolehkan hingga 5 Mei 2021. Setelahnya, PT KAI Daop 8 tidak mengoperasikan KA jarak jauhnya.

Bagi para calon penumpang ini, juga diberlakukan aturan baru terkait masa berlaku hasil negatif tes RT-PCR dan Rapid Test Antigen dari sebelumnya maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan menjadi maksimal 1x24 jam.

Adapun untuk hasil negatif dari pemeriksaan GeNose C19 masa berlaku tetap 1x24 Jam.