Sandiaga Uno Optimis Vaksinasi Tingkatkan Produktivitas Pelaku Ekonomi Kreatif

M. Isa | Senin, 19/04/2021 16:50 WIB
Sandiaga Uno Optimis Vaksinasi Tingkatkan Produktivitas Pelaku Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahudin Uno optimistis vaksinasi yang dilakukan terhadap pelaku ekonomi kreatif (ekraf) dapat meningkatkan produktivitas serta membangkitkan sektor tersebut.

“Harapannya, ini membangkitkan semangat, membangkitkan satu motivasi, bahwa sektor ini tentunya kita harus sama-sama berjuang melawan pandemi,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Senin 19 April 2021.

Menurut Sandiaga Uno, tak hanya vaksinasi Covid-19, upaya pengendalian pandemi juga dilakukan dengan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) serta pengintensifan 3T (tracingtest, dan treatment).

“Dengan penekanan pada vaksinasi, juga 3M yang kemarin kita perjuangkan bersama, 3T, kita bisa menekan angka penularan COVID-19 ini. Jika pandemi ini terkendali dan kita bisa pulih kembali, sektor ekonomi kreatif akan segera bangkit dan segera pulih,” katanya.

Sandiaga Uno mengungkapkan, pelaku di sektor ekraf mencapai 18-20 juta orang yang bergerak di 17 subsektor. Tiga subsektor utama yaitu kuliner, fesyen, dan kriya, selain itu juga terdapat subsektor lain seperti perfilman, musik, animasi, hingga penerbitan. 

“Kita harapkan sumbangsih Rp1.100 triliun dari sektor ekonomi kreatif ini bisa paling tidak kita pertahankan dan justru ada kesempatan, ada peluang untuk bangkit dan pulih kembali. Makanya hari ini kita sangat apresiasi para budayawan, para seniman sebagai pelaku sektor ekonomi kreatif ini mendapat giliran vaksinasi,” ungkapnya.