BI: Lebaran Akan Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Jatim

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 12/04/2021 12:23 WIB
BI: Lebaran Akan Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Jatim Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur menilai, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada triwulan II-2021 akan mengalami peningkatan 2-3 persen. Proyeksi kenaikan pertumbuhan ekonomi  ini diperkirakan karena tingginya daya beli masyarakat, terutama saat menjelang Ramadhan dan Lebaran tahun 2021.

Kepala BI Jatim, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, selama triwulan I-2020, triwulan II-20 dan triwulan III-2021, ekonomi Jawa Timur grafik perekonomian Jatim memang masih sulit diprediksi.

Pasalnya, kata Difi A. Johansyah, pertumbuhan ekonomi masih tergantung pada demand masyarakat, daya beli masyarakat masih landai belum ada pergerakan yang sangat signifikan.

“Tapi kita optimis ekonomi Jatim akan tumbuh diatas 5,3 persen, karena industri manufaktur di Jatim sudah mulai bergerak,” katanya dalam sebuah webiner belum lama ini.

Difi menilai, di moment lebaran tahun 2021 ini ekonomi Jatim akan lebih baik dibanding lebaran tahun lalu.

Karena, terang Difi, lebaran tahun 2020 lalu kondisi masih lock down, sementara lebaran tahun 2021 ini tidak ada lock down, tapi penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) tetap ketat dijalankan.

“Saya coba keliling hotel-hotel dan coba tanya, ternyata okupansi hotel sekarang ini sudah mulai bergairah tuh. Artinya saat lebaran bisa jadi ekonomi Jatim akan terkerek naik,” tandas Difi.