Kementan: Stok Daging Nasional Dalam Kondisi Surplus

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 07/04/2021 12:27 WIB
Kementan: Stok Daging Nasional Dalam Kondisi Surplus Daging Olahan (Foto: Halodoc)

RADARBANGSA.COM - Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Nasrullah mengatakan bahwa kondisi stok daging nasinal dalam kondisi surplus.

Meski di Bulan April ini umat muslim di dunia akan menjalankan ibadah puasa, tetapi kondisi permintaan daging masih dalam batas normal, hal ini disebabkan Indonesia masih dalam kondisi covid dan aktivitas perekenomian belum sepenuhnya pulih.

“Hasil prognosa kita dengan memperhitungkan kebutuhan normal di April itu sekitar 26 ribu ton, kemudian di Mei bertepatan puasa dan lebaran kurang lebih butuh 76 ribu ton, ini masih dalam posisi kebutuhan normal,” kata Nasrullah dalam keterangannya, Selasa 6 April 2021.

Nasrullah mengatakan stok daging di Bulan Februari dan Maret dalam kondisi surplus dan angka itu akan memperkuat ketersediaan daging nasional di periode April dan Mei mendatang.

Jika ditotalkan, lanjutnya, stok daging di Bulan Maret ditambah kekuatan produksi dalam negeri, dapat dipastikan pemenuhan daging masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri dalam posisi yang aman. 

“Di Maret kebutuhan kita di 37 ribu, dan ada surplus sekitar 27 ribu, untuk periode berikutnya stok juga dipenuhi dari sapi bangkalan dan sapi lokal, angkanya kurang lebih 188 ribu ekor yang siap dipotong,ini untuk periode April dan Mei, dan stok daging beku yang ada di gudang - gudang di Bulan Maret ada 24 ribu, angka suprlus ini untuk memperkuat stok di April, jika di total di Mei nanti, InsyaAllah stok daging sapi atau kerbau cukup untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat selama puasa dan Idul Fitri” tutup Nasrullah.

 

 


Berita Terkait :