Kemendag Targetkan Revitalisasi 119 Pasar di Tahun 2021

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 06/04/2021 19:17 WIB
Kemendag Targetkan Revitalisasi 119 Pasar di Tahun 2021 Salah seorang pedagang di kios pasar rakyat (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan menargetkan revitalisasi 119 pasar di tahun 2021. Sebelumnya pada tahun 2020, Kemendag telah melakukan revitalisasi 120 pasar.

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi mengatakan bahwa revitalisasi akan membuat pasar rakyat memiliki fasilitas penunjang yang lebih baik untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

“Perekonomian Indonesia tidak terhindar dari pandemi Covid-19. Pasar rakyat turut merasakan dampaknya. Untuk itu, Pemerintah terus berupaya memperkuat pasar rakyat melalui revitalisasi fisik dan manajemen pengelolaan guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” kata Mendag Lutfi dalam keterangannya, Senin 5 April 2021.

Setelah direvitalisasi, pasar rakyat diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para pedagangnya. Pasar yang telah direvitalisasi juga diharapkan mampu berperan sebagai penyangga ketersediaan bapok, sehingga nantinya akan menjadi barometer stabilisasi harga pangan di tingkat nasional.

“Kenaikan transaksi dari pasar yang nyaman dan sudah direnovasi dengan memenuhi SNI Pasar Rakyat dan protokol kesehatan diharapkan bisa meningkat signifikan,” tutup Mendag Lutfi.


Berita Terkait :