Resmikan BUMN Holding Baterai, Erick: Indonesia Siap Jadi Pemain Utama

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 26/03/2021 18:34 WIB
Resmikan BUMN Holding Baterai, Erick: Indonesia Siap Jadi Pemain Utama Gedung Pertamina (foto: marketeers.com)

RADARBANGSA.COM –  Menteri BUMN, Erick Thohir meresmikan pendirian Holding Baterai Indonesia (IBC) pada Jumat sore ini.

Dalam sambutannya, Erick mengatakan bahwa peresmian IBC ini sebagai langkah awal Indonesia dalam menjadi pemain utama di sektor baterai kendaraan listrik dunia dan di sektor renewable energy.

“Kita ingin menjadi leading sector (baterai kendaraan listrik) dan juga kita mengingkan menjadi leading sector di baterai stabilisator untuk renewable energy,” kata Erick dalam konferensi pers Pendirian Indonesia Battery Corporation, Jumat 26 Maret 2021.

Pendirian IBC ini juga secara resmi memulai kerjasama dengan dua korporasi Baterai Kendaraan Listrik (EV) dunia, yaitu Contemporary Amperex Technology Co (CATL) dan LG Chem (induk LG Energy Solution).

“Kita sudah mempersiapkan partnershipnya dengan dua pemain besar dunia yaitu CATL dan LG Chem, dimana strukturnya jelas bahwa dari hulu sampai hilir kita sebagai BUMN ikut semua,” kata Erick.

Tidak kalah penting Erick juga menegaskan bahwa indonesia mengharapkan mendapatkan ahli teknologi dalam kerjasama multinasional ini.”tidak hanya baterai listrik untuk mobil tapi juga baterai listrik untuk motor,” sambung Erick.

Secara keseluruhan, Erick menilai jika kerjasama ini saling menguntungkan karena meskipun Indonesia mengalah di baterai mobil namun Indonesia tetap menjadi leading sector di baterai motor dan di baterai stabilisator.

Adapun BUMN yang tergabung dalam Indonesia Battery Holding ini adalah Mining and Industry Indonesia (Holding Pertambangan) atau MIND ID, PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), dan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk.


Berita Terkait :