Jokowi Minta Kepala Daerah Punya Skala Prioritas Untuk Alokasi Anggaran

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 26/03/2021 15:50 WIB
Jokowi Minta Kepala Daerah Punya Skala Prioritas Untuk Alokasi Anggaran Presiden Jokowi (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM – Presiden Jokowi meminta kepada kepala daerah untuk betul-betul mengkosolidasikan anggaran terutama di masa pandemi.

Presiden juga meminta kepala daerah memprioritaskan sektor yang benar krusial, sehingga anggaran dapat terserap dengan baik.

“Jangan membelanjakan untuk banyak pos belanja, Kita jadi gak tau prioritasnya yang mana,” kata Jokowi dalam rapat Pembukaan Musyawarah Nasional V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Jumat 26 Maret 2021.

Jokowi menyarankan agar setiap kabupaten memilih 2 sektor saja yang menjadi prioritas. Hal ini karena kebutuhan pemulihan ekonomi dari dampak covid juga menjadi konsentrasi utama.

“Untuk kabupaten dua saja menurut saya yang perlu diberi prioritas. Saya ingin semua pasar (misalnya) di kabupaten saya selesai dalam lima tahun ke depan, ya sudah konsentrasikan kesana, 60-70 persen konsentrasikan kesana,” sambung Jokowi.

Jokowi mewanti-wanti agar kepala daerah tidak memberikan seluruh anggaran keseluruh sektor, namun ia menganjurkan untuk membuat skala prioritas.

“Nanti (misalnya) anggaran naik 10 persen tahun depan semuanya diberi, tambahi 10 persen 10 persen. Gak akan jadi barang, percaya saya. Kalau bapak/ibu memberi skala prioritas pasti akan terlihat,” kata Jokowi.

APBN dan APBD, menurutnya memiliki dana terbatas sehingga kepala daerah wajib memiliki konsep nyata dalam membangun hal yang bermanfaat untuk masyarakat. "anggaran harus mengikuti apa yang menjadi prioritas Bupati. APBD, APBN jangan diecer - ecer jangan dibagi rata," tutup Jokowi.