Presiden Jokowi Tegaskan Infrastruktur untuk Bangun Peradaban

Rahmad Novandri | Rabu, 24/03/2021 20:51 WIB
Presiden Jokowi Tegaskan Infrastruktur untuk Bangun Peradaban Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pembangunan infrastruktur bukan hanya untuk mendirikan bangunan secara fisik tapi juga demi mendorong peradaban baru bagi masyarakat.

"Infrastruktur itu adalah membangun peradaban ini yang sering tidak kita sadari, bahwa infrastruktur membangun peradaban," kata Jokowi seperti dilansir dari antaranews.com, Rabu, 24 Maret 2021.

Saat meresmikan terminal Bandara Kuabang di kabupaten Halmahera Utara provinsi Maluku Utara, Jokowi menuturkan bahwa pembangunan infrastruktur bukan hanya fisik, namun banyak hal yang akan berkembang karena dibangunnya infrastruktur.

"Banyak yang bertanya kepada saya kenapa infrastruktur menjadi fokus dalam pembangunan di negara kita Indonesia sekarang ini. Perlu saya sampaikan bahwa infrastruktur bukan hanya fisiknya, tetapi banyak hal yang akan muncul dan berkembang karena dibangunnya infrastruktur," ujarnya.

Ketika bandara hadir di tengah masyarakat, lanjutnya, hal tersebut juga menumbuhkan peradaban baru. "Misalnya sekarang ada bandara artinya apa? Kita disiplin harus tepat waktu karena datang ke bandara untuk terbang ke kota lain dan jamnya sudah ditentukan kalau tidak akan ditinggal pesawat, itu juga membangun kedisplinan baru, membangun peradaban," paparnya.

Keberadaan infrastruktur juga menciptakan daya saing sehingga daerah tersebut dapat berkompetisi dengan daerah lainnya. "Bahwa membangun infrastruktur bukan hanya melulu fisik, tidak, tapi juga membangun sebuah kompetisi, membangun `competitiveness` daya saing dengan negara-negara lain," tuturnya.

Selain itu, pembangunan infrastruktur termasuk bandara juga dapat menjadi jalan keadilan sosial serta persatuan dan kesatuan Indonesia. "Dari Halmahera Utara bisa terbang ke Jakarta, bisa terbang ke Aceh, bisa terbang ke Kalimantan juga bisa terbang ke Timur ke Papua, ini bisa menyatukan," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi pun berharap agar Bandara Kuabang dapat memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru meski pada masa pandemi bandara itu hanya beroperasi untuk pesawat "carter".