Mendag Lutfi: Referendum Swiss Beri Angin Segar Bagi IE–CEPA

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 09/03/2021 11:30 WIB
Mendag Lutfi:  Referendum Swiss Beri Angin Segar Bagi IE–CEPA Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi (Doc: IM)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan bahwa Referendum Swiss membawa angin segar terhadap perdagangan Indonesia dan Swiss.

Mendag menilai referendum Swiss memiliki kerja sama ekonomi yang komprehensif dan menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung kerjasama kedua negara di perjanjian Indonesia–European Free Trade Association Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE–CEPA)

“Pemerintah Republik Indonesia sangat menghormati proses demokrasi yang ada di Swiss, dan hasil referendum ini memberikan angin segar bagi implementasi IE–CEPA segera,” kata Mendag Lutfi dalam keterangan tertulisnya, Senin Malam, 8 Maret 2021.

Mendag Lutfi menekankan bahwa referendum ini memiliki makna khusus bagi upaya Indonesia dan Swiss untuk memastikan agar perdagangan yang terbuka dan adil menjadi pilar dalam perjanjian dagang.

“Swiss adalah mitra dagang dan ekonomi penting bagi Indonesia, begitu juga sebaliknya. Dengan ini, perdagangan kedua negara akan makin meningkat lagi,” ujar Mendag Lutfi.

Dengan diratifikasinya IE–CEPA oleh Swiss, Indonesia juga akan segera mempercepat proses ratifikasinya di DPR sehingga implementasi IE–CEPA dapat segera terlaksana.

Indonesia dan negara-negara EFTA (Swiss, Norwegia, Islandia, dan Liechtenstein) berkomitmen meningkatkan perdagangan demi pemulihan ekonomi, termasuk peningkatan investasi dan mendukung industrialisasi di Indonesia.


Berita Terkait :