Survei BI: Penjualan Eceran Menurun di Bulan Januari

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 09/03/2021 11:13 WIB
Survei BI: Penjualan Eceran Menurun di Bulan Januari Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Penjualan eceran dilaporkan menurun pada Bulan Januari 2021. Fenomena turunnya penjualan eceran juga sejalan dengan pola musiman pasca perayaan HBKN Natal dan Tahun Baru.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwon Haryono memprediksi jika penjualan eceran diprakirakan membaik pada Februari 2021 meski masih dalam fase kontraksi.

Hal itu tercermin dari IPR Februari 2021 yang diprakirakan kontraksi 0,7% (mtm), lebih kecil dibandingkan dengan kontraksi 4,3% (mtm) pada bulan sebelumnya.

Beberapa sektor yang menjadi penopang penjualan eceran adalah sektor Peralatan Informasi dan Komunikasi serta kelompok Suku Cadang dan Aksesori yang diprakirakan tumbuh positif sehingga menopang kinerja penjualan eceran.

Secara tahunan, kinerja penjualan eceran diprakirakan relatif stabil dengan pertumbuhan IPR sebesar -16,5% (yoy) pada Februari 2021, dibandingkan dengan -16,4% (yoy) pada bulan sebelumnya.

Penjualan eceran sejumlah komoditas seperti Sandang, Barang Budaya dan Rekreasi, Suku Cadang dan Aksesori, serta Peralatan Informasi dan Komunikasi terindikasi membaik, meski masih kontraksi.

Sebelumnya pada Januari 2021, kinerja penjualan eceran menurun sejalan dengan pola pasca perayaan HBKN Natal dan Tahun Baru, di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan cuaca yang kurang mendukung.

Penurunan terjadi pada seluruh kelompok komoditas, dengan penurunan terdalam pada kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya, dan subkelompok Sandang.


Berita Terkait :