Menteri BUMN: Saat ini Banyak Pengusaha Tumbuh Bukan Karena Keberpihakan

Rahmad Novandri | Jum'at, 05/03/2021 21:15 WIB
Menteri BUMN: Saat ini Banyak Pengusaha Tumbuh Bukan Karena Keberpihakan Erick Thohir (Menteri BUMN). (Foto: twitter @KemenBUMN)

RADARBANGSA.COM - Menteri BUMN Erick Thohir menilai saat ini banyak pengusaha tumbuh bukan karena mengandalkan keberpihakan saja, melainkan mereka bisa berhasil karena melihat peluang dan memiliki kapabilitas untuk mendapatkan kesempatan itu.

"Sekarang banyak pengusaha yang tumbuh bukan karena itu (keberpihakan), tapi bagaimana mereka bisa melihat peluang dan punya kapabilitas supaya mereka bisa mendapatkan kesempatan tersebut," kata Erick Thohir dalam Rakernas HIPMI di Jakarta, Jumat, 5 Maret 2021.

Menurut Erick, jika melihat tren sekarang, banyak generasi muda Indonesia yang berkecimpung dalam membangun atau terlibat di perusahaan startup atau rintisan. "Kita ini sekarang lima besar negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia, berarti ada perubahan standarisasi yang terjadi di kalangan pengusaha muda bahwa kita mampu bersaing," ujarnya.

Diungkapkannya, situasi COVID-19 ini harus dimanfaatkan dengan baik hingga jadi peluang. "Penting kita melakukan introspeksi diri kita, ini bukan eranya kita hanya mengandalkan keberpihakan," tuturnya.

Ia juga mengakui bahwa keberpihakan kepada pelaku usaha dalam negeri memang penting seperti disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para menterinya. "Tetapi keberpihakan tidak akan nyata tanpa adanya fondasi dari kapabilitas, track record dan expertise. Kenapa? ketika menghadapi kompetisi, persaingan saat ini berada di era keterbukaan sehingga sangat transparan dan itu terlihat," tandasnya.


Berita Terkait :