Dorong Hilirisasi, PTBA Bersiap Produksi Karbon Aktif

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 24/02/2021 14:23 WIB
Dorong Hilirisasi, PTBA Bersiap Produksi Karbon Aktif Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bersiap memproduksi karbon aktif untuk melancarkan program hilirisasi batu bara.

Persiapan ini dilakukan dengan menandatangani Head of Agreement (HoA) dengan produsen dan pemasok karbon aktif Activated Carbon Technologies PTY, LTD (ACT) yang berbasis di Australia.

“Ini kembali menjadi milestone bagi PTBA dengan penandatanganan HoA bersama Activated Carbon Technologies PTY, LTD yang akan menjadi offtaker 12 ribu ton karbon aktif per tahun,” kata Direktur Pengembangan Usaha PTBA Fuad IZ Fachroeddin dalam keterangan tertulisnya, Rabu 24 Februari 2021.

Fuad menerangkan, karbon aktif dapat dimanfaatkan untuk proses penjernihan dan pemurnian air, pemurnian gas dan udara, filter industri makanan, penghilang warna untuk industri gula dan MSG, hingga penggunaan di bidang farmasi sebagai penetral limbah obat-obatan agar tidak membahayakan lingkungan.

Rencananya, perusahaan akan membangun pabrik di Kawasan Industri Tanjung Enim (BACBIE) untuk memproduksi karbon aktif sebanyak 12.000 ton per tahun dengan mengolah sebanyak 60.000 ton batu bara per tahun.

“Kami melihat adanya kesempatan yang sangat baik dan kemungkinan besar kesuksesan yang lebih besar dari kerja sama ini. Selain hal tersebut, kami juga melihat adanya pertumbuhan permintaan karbon aktif yang terus bertambah dan bisa kami optimalkan untuk merambah pasar lebih luas di dunia,” tandas Fuad.

 


Berita Terkait :