Tokopedia dan Shoppe Jadi Marketplace yang Paling Banyak Dikunjungi

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 22/02/2021 15:53 WIB
Tokopedia dan Shoppe Jadi Marketplace yang Paling Banyak Dikunjungi (Doc: Grid)

RADARBANGSA.COM – Pandemi telah mengubah gaya berbelanja masyarakat masa kini. Dengan banyaknya pembatasan aktivitas di luar rumah hampir seluruh masyarakat memilih untuk melakukan belanja secara daring.

Pada Bulan Juli 2020 persentase berbelanja online meningkat hingga 400 persen. Online Shopping lantas banyak menjadi pilihan bagi banyak masyarakat, dari sini bermunculan golongan e-commerce terfavorit atau yang paling banyak dikunjungi oleh pembeli atau penjual.

Iprice melaporkan, terdapat dua e-commerce yang saat ini menempati posisi paling atas dalam kategori pengunjung terbanyak. Kedua e-commerce ini adalah Tokopedia dan Shoppe.

Iprice juga merangkum jika Tokopedia cenderung didominasi oleh pemain lokal, sementara Shopee didominasi dari pemain regional.

Tokopedia memiliki total rataan kunjungan website selalu diatas 80 jutaan selama periode Q1-Q4 2020. Kunjungan tertinggi terjadi pada Q4 2020 yaitu 114 Jutaan. Ranking aplikasi di platform iOS menunjukkan konsistensi sejak Q1.

Di App Store, Tokopedia berhasil menduduki peringkat kedua, sedangkan untuk Play Store Tokopedia menduduki peringkat ketiga pada periode Q1-Q2 dan peringkat keempat pada Q3-Q4 2020 kemarin.

Tokopedia juga merupakan satu-satunya e-commerce lokal yang memiliki pengunjung website lokal terbanyak di Asia Tenggara menyaingi Shopee dan Lazada pada tahun 2019 kemarin. Total kunjungan website Tokopedia mencapai jumlah 900 jutaan selama tahun 2019.

Menariknya, Tokopedia yang benar-benar fokus mendominasi pasar Indonesia sudah bisa menyaingi Shopee dan Lazada yang dikategorikan sebagai e-commerce regional.

Sementara Shopee sebagai e-commerce regional yang beroperasi hampir di seluruh negara Asia Tenggara juga tidak mau ketinggalan. Walaupun Shopee tergolong sebagai e-commerce regional, Shopee memiliki banyak pengunjung website terbanyak pada periode Q1-Q4 2020 ini.

Shopee memiliki total rataan kunjungan website selalu diatas 90 jutaan selama 2020. Sama seperti Tokopedia rataan tertingginya terjadi pada periode Q4 yaitu 129 jutaan perbulan.

Dalam beberapa tahun mendatang, E-commerce diprediksi akan terus tumbuh. Gaya hidup masyarakat yang sibuk beraktivitas serta kemudahan layanan E-commerce membuat banyak masyarakat lebih mengandalkan jual beli secara online.