Bulog Ditugaskan Impor 80.000 Ton Kerbau India Tahun ini

Rahmad Novandri | Rabu, 03/02/2021 17:05 WIB
Bulog Ditugaskan Impor 80.000 Ton Kerbau India Tahun ini Budi Waseso (Dirut Perum Bulog). (Foto: gencilnews)

RADARBANGSA.COM - Perum Bulog mendapat penugasan impor daging kerbau dari India dengan total 80.000 ton untuk tahun ini. Impor tersebut guna memenuhi kebutuhan konsumsi daging terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Mei 2021.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menjelaskan bahwa pihaknya telah mengajukan impor daging kerbau untuk mengantisipasi lonjakan harga daging sapi menjelang Ramadhan dan Lebaran. Penugasan impor daging kerbau ini pun sudah diputuskan dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) di Kemenko Perekonomian.

"Kita mengajukan impor daging khususnya menghadapi puasa dan Lebaran, karena kebutuhan akan meningkat sehingga jauh-jauh hari mengajukan. Sudah diputuskan dalam rakortas bahwa Bulog mendapatkan untuk impor daging kerbau 80.000 ton, tunggal," kata Buwas, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers Bulog secara virtual, Rabu, 3 Februari 2021.

Ia menjelaskan bahwa importasi akan dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan pasar, agar harga daging produksi dari peternak lokal tidak jatuh dan stabilisasi harga dapat terjaga. Menurut Buwas, masyarakat kini sudah familiar dengan konsumsi daging kerbau, bahkan mampu menekan harga daging sapi yang bergejolak di pasaran.