Holding Baterai Listrik Ditargetkan Selesai Pertengahan Tahun

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 03/02/2021 12:27 WIB
Holding Baterai Listrik Ditargetkan Selesai Pertengahan Tahun Tambang Nikel di Indonesia (MTO)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri BUMN l, Pahala Mansury menyampaikam jika pembentukan Holding BUMN baterai listrik ditargetkan rampung pada pertengahan tahun ini.

"Kita berharap pembentukan Indonesia battery corporation sebagai holding ini bisa dibentuk di semester I tahun ini," kata Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury dalam konferensi pers virtual, Selasa.

Holding tersebut terdir dari empat perusahaan, yaitu PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Pertamina (Persero), dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

“Kita sudah sepakati ada diskusi antara empat perusahaan itu dan ada diskusi awal dengan para calon mitra," tutur Pahala.

Melansi dari Antara, telah terdapat diskusi antara keempat BUMN beserta calon-calon mitra potensial dan sejauh ini, terdapat beberapa mitra yang aktif berkomunikasi seperti CATL, Tesla dan lain sebagainnya.m

Dari keempat BUMN yang tergabung dalam holding tersebut akan terdapat pembagian di proses hulu hilirnya. Pahala merinci, MIND ID dan Antam akan berperan di hulu dalam proses penambangan hingga peleburan dan pengolahan bahan baku mineralnya. Sementara Pertamina dan PLN akan berada di sisi hilir dalam proses produksi prekursor, katoda, battery cell dan battery pack hingga ke penyimpanannya.

"Kita harap timeline-nya bisa semester I tahun ini. Mudah-mudahan Indonesia battery corporation ini sudah bisa berdiri dan bisa jadi satu perusahaan yang akan melakukan tanda tangan kerja sama dan pengembangan joint venture dengan calon-calon mitra tadi," tandasnya.


Berita Terkait :