Jawa Timur Ditargetkan Jadi Leader Kawasan Ekonomi Syariah

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 01/02/2021 08:58 WIB
Jawa Timur Ditargetkan Jadi Leader Kawasan Ekonomi Syariah Industri Makanan Halal (Doc: BatamNews)

RADARBANGSA.COM - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menargetkan Provinsi Jatim dapat menjadi leader untuk kawasan regional ekonomi syariah di Indonesia.

Hal ini akan dilakukan dengan mendorong Kawasan Industri Halal (KIH) di Jatim serta industri produk halal di Indonesia. 

Khofifah mengatakan, saat ini negara eksportir produk halal terbesar di dunia dipegang oleh Brazil. Indonesia akan dicanangkan menjadi importir terbesar untuk produk halal. 

"Dengan masih besarnya kebutuhan masayarakat Indonesia akan produk halal yang masih banyak dipenuhi dari impor, maka menjadi peluang bagi Jawa Timur untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan KIH yang akan dibangun di Jatim, maka kita bisa menjadi menguasai regional ekonomi syariah di Indonesia," jelas Khofifah dalam rilisnya, Minggu 31 Januari 2021.

Untuk bisa mematangkan konsep KIH, pihaknya dalam waktu dekat akan mengajak para pakar dan akademisi fakultas ekonomi syariah dari kampus negeri, swasta dan agama untuk mendiskusikan rencana tersebut.

"Para akademi ini bisa membantu mendiseminasikan konsep dan memberikan masukan untuk KIH," tuturnya. 

Lebih lanjut, Pemprov Jatim juga akan dibantu oleh Bank Indonesia Perwakilan Jatim untuk mengundang asosiasi UMKM terkait KIH.

“Jadi pelaku UMKM perlu diberikan pemahaman. Mereka bisa dilibatkan dalam menciptakan produk halal di Jawa Timur," tutup Khofifah


Berita Terkait :