Luhut: Food Estate Mampu Wujudkan Modernisasi Pertanian

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 28/01/2021 11:54 WIB
Luhut: Food Estate Mampu Wujudkan Modernisasi Pertanian Luhut Binsar Panjaitan (Menteri Koordinator Kemaritiman RI). (Foto: ricardo/jpnn)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut B. Pandjaitan menyebutkan proyek food estate yang sedang digarap oleh pemerintah saat ini merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk mewujudkan modernisasi pertanian. 

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pertanian kita ke depannya harus terintegrasi. food estate adalah golden opportunity kita untuk bisa mulai membangun pertanian maju dan modern,” ungkap Luhut dalam rilisnya Rabu 27 Januari 2021.

Selain dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan nasional, pengembangan food estate nantinya juga diarahkan sebagai model bisnis pertanian yang terintegrasi. 

Luhut pun mendukung sinergi yang dibangun oleh Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) maupun lembaga-lembaga lainnya dalam pengembangan riset pertanian maupun rekayasa alat dan mesin pertanian (alsintan) khususnya. Apalagi pengembangan alsintan merupakan langkah penting untuk mewujudkan pertanian modern. 

“Tidak ada yang bisa dikerjakan sendiri. Kita harus bekerja sama dalam wujudkan pertanian modern,” ungkap Luhut.

Modernisasi pertanian, disebut Luhut bisa terus ditingkatkan dengan tiga pengungkit utama, yaitu bibit, pupuk, serta alat dan mesin pertanian (alsintan).

Ia pun mengharapkan Kementan bisa terus mendorong pengembangan varietas benih unggul serta distribusi pupuk sehingga bisa tepat sasaran. 

 


Berita Terkait :