OJK: 54 Persen Investor Tahun 2020 Berasal Dari Kaum Milenial  

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 05/01/2021 18:35 WIB
OJK: 54 Persen Investor Tahun 2020 Berasal Dari Kaum Milenial    Ilustrasi. Pergerakan Saham di Kantor Bursa Efek Indonesia (Foto: Medanz.id)

RADARBANGSA.COM  -  Otoritas Jasa Keuagan (OJK) mencatat pertumbuhan signifikan pada jumlah investor di tahun 2020.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan jika pertumbuhan jumlah investor pasar modal naik 56 persen di tahun 2020. Disamping itu yang patut digarisbawahi dari fenomena ini adalah sebanyak 54 persen dari investor berasal dari kalangan milenial.

“Jumlah investor pasar modal naik 56 persen menjadi 3,88 juta dan di dominasi oleh investor domestik yang berumur di bawah 30 tahun atau milenial dengan total 54,79 persen dari total keseluruhan investor,” ungkap Wimboh dalam Pembukaan Perdagangan BEI, Senin 4 Januari 2020.

Ia menuturkan jika milenial merupakan potensi yang sangat besar bagi pertumbuhan pasar modal. Terlebih saat ini, banyak dari generasi milenial ini sedikit menyiasakan ruang untuk spending money.

“Karena sekarang anak anak muda yang biasanya piknik, spending ini ruangnya terbatas. Sehingga silahkan uangnya dimasukkan di pasar modal melalui investasi retail,” ungkap Wimboh.

Sebagai informasi saat ini pemerintah tengah mengampanyekan secara masif agar milenial berbondong-bondong menjadi investor pasar modal. Kampanye ini dibalut dengan peluncuran program serta berbagai penawaran menarik dari berbagai pihak untuk menarik minak investasi dari kaum milenial.