Kemendag Gandeng Tokopedia Perluas Digitalisasi Pasar

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 29/12/2020 17:14 WIB
Kemendag Gandeng Tokopedia Perluas Digitalisasi Pasar Start Up Tokopedia (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng start up lokal, Tokopedia dalam memperluas digitalisasi pasar rakyat.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan kolaborasi bertujuan agar pasar rakyat dapat berkompetisi dengan pusat perbelanjaan modern serta mampu menjadi penggerak perekonomian daerah.

“Dengan sinergi ini, PT Tokopedia akan memberikan fasilitas ruang promosi melalui pembukaan akun pasar rakyat di platform Tokopedia. Kerja sama ini diharapkan dapat membantu para pedagang pasar rakyat dalam meningkatkan penjualannya secara daring,” ujar Jerry dalam rilisnya, Selasa 29 Desember 2020.

Pandemi telah membuat pembatasan jumlah pengunjung ke pasar rakyat, sehingga belanja daring menjadi alternatif pilihan masyarakat dalam berbelanja. Di sisi lain, model bisnis ini juga menjadi cara pelaku usaha bertahan di tengah pandemi.

“Kemendag mendorong daerah yang memiliki pasar rakyat untuk menerapkan digitalisasi pasar rakyat bekerja sama dengan Pelaku Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya terhadap barang kebutuhan pokok (bapok), baik secara daring maupun luring,” imbuh mendag.

Kolaborasi ini akan mencakup pendampingan dari Tokopedia dalam bentuk pelatihan pengelola pasar rakyat. Dengan demikian para pengelola pasar rakyat dapat mengembangkan usahanya secara elektronik yang kemudian dapat meningkatkan omsetnya.

 “Selain itu, kerja sama ini juga meliputi pertukaran data dan informasi sesuai dengan perundangundangan yang berlaku, pembebasan biaya power merchant oleh Tokopedia, pengembangan kualitas sumber daya manusia bagi UMKM, serta publikasi dan sosialisasi,” tukas Kemendag.