Mentan: Integrated Farming Perkuat Ketahanan Pangan

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 22/12/2020 11:22 WIB
Mentan: Integrated Farming Perkuat Ketahanan Pangan Menteri Pertanian Meninjau Lokasi Pertanian Model Integrated Farming (Doc: Kementan)

RADARABANGSA.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meyebut jika model Integrated Farming merupakan salah satu terobosan di era kini untuk meningkatkan produksi pertanian.

Ia juga menyebut Integrated Farming secara holistik akan memperkuat ketahanan pangan nasional.

"Pertanian integrasi ini kita inginkan ada di setiap kecamatan hingga menjadi percontohan nasional yang terbangun proses bisnisnya sampai di ujung," demikian dikatakan SYL belum lama ini.

Mentan menilai, integrated farming juga merupakan terobosan meningkatkan indeks pertanaman (IP) padi menjadi 4 kali tanam dan panen dalam setahuan atau dikenal IP400.

Ia meminta agar Pola IP400 ini harus terbangun di semua wilayah Indonesia sehingga pencapaian produksi beras naik tajam.

"Pak Dirjen Tanaman Pangan saya perintahkan pola IP400 budidaya padi harus masif, ada di semua kecamatan. Ini kita mulai kenalkan konsep integrated farming menuju zero waste sehingga pangan kita semakin kuat dalam tantangan apapun," tuturnya.

"Kita akan bikin konsep pertanian berbasis korporasi dan industri kerakyaratan yang lebih kuat. Semua produk pangan baik tanaman pangan, perkebunan dan peternakan kita bangun untuk menghasilkan nilai tambah yang tinggi. Kita bangun di seluruh Indonesia," ungkapnya.

 

 


Berita Terkait :