Pertamina Salurkan Rp 44,4 Miliar Untuk Pendanaan UMKM

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 17/12/2020 07:02 WIB
Pertamina Salurkan Rp 44,4 Miliar Untuk Pendanaan UMKM Bright Gas (Doc: Nusakini)

RADARBANGSA.COM – PT Pertamina kembali menyalurkan bantuan pendanaan kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lewat Program Kemitraan Pinky Movement. Hingga pertengahan Desember 2020 ini, nilai penyaluran sudah menyentuh angka lebih dari Rp 44,4 miliar.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjabarkan, jumlah tersebut telah disalurkan kepada 112 UMKM binaan Pertamina dan 425 outlet LPG non-subsidi.

“Penyaluran ini diharapkan dapat membantu para UMKM dan outlet LPG agar segera bangkit dari dampak pandemi serta sarana edukasi agar menggunakan LPG subsidi tepat sasaran,” jelasnya dalam sebuah kesempatan, Rabu 16 Desember 2020.

Pinky Movement, lanjut Fajriyah, merupakan program pinjaman modal usaha. Diberikan kepada UMKM outlet LPG untuk mengembangkan bisnisnya dengan menjual LPG non-subsidi. Maupun UMKM pengguna LPG subsidi yang ingin beralih menggunakan LPG non-subsidi. 

“Pertamina menargetkan program Pinky Movement dapat menyasar setidaknya untuk 2000 UMKM outlet LPG dan 100 usaha kecil pengguna LPG” katanya.

Menurut Fajriyah, selain modal usaha, UMKM binaan juga akan mendapatkan pembinaan berupa pelatihan dan asistensi sertifikasi yang dibutuhkan. Tujuan pembinaan ini tak lain adalah agar pelaku UMKM dapat meningkatkan kompetensinya, mengembangkan bisnisnya, sehingga bisa naik kelas menjadi UMKM yang tangguh dan mandiri.