Kemenperin Dorong Penggunaan Serat Alam Jadi Bahan Baku Industri

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 14/12/2020 06:02 WIB
Kemenperin Dorong Penggunaan Serat Alam Jadi Bahan Baku Industri Agus Gumiwang Kartasaamita (Menteri Perindustrian RI). (Foto: kelanakotacom)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perindustrian semakin gencar mendorong penggunaan material lokal salah satunya serat alam sebagai bahan baku industri.

Menteri PerindustrianAgus Gumiwang Kartasasmita menegaskan kepada para pelaku industri di Indonesia agar terus meningkatkan penggunaan bahan baku lokal dalam proses produksinya.

“Optimalisasi terhadap potensi sumber daya lokal industri berbasis serat alam, nantinya diyakini dapat menunjang aktivitas industri yang berkelanjutan dan berkualitas di dalam negeri,” tuturnya di Jakarta, Minggu 13 Desember 2020.

Upaya ini salah satunya dilakukan melalui pelaksanaan webiner daring dengan pemaparan manfaat penggunaan serat alam.

“Serat alam memiliki kelebihan dibandingkan serat sintetis karena dapat didaur ulang dan terbarukan. Sehingga peluang pengembangan serat alam di masa depan cukup menjanjikan,” ungkap Kepala BBKB Kemenperin, Titik Purwati Widowat.

Serat alam ini juga memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan yang berkualitas tinggi dan bisa dikembangkan terus-menerus.

Senada dengan Titik, Ketua DSI Euis Saedah mengungkapkan jika serat alam seperti kapas, rami, sisal, abaka, kenaf, dan serat nanas berpotensi dikembangkan di Indonesia.

“Apalagi bahan bakunya memang banyak terdapat di Indonesia,” ujarnya.

Kemenperin lantas mengungkapkan jika serat alam di Indonesia yang sangat melimpah seharusnya menjadi motivasi tersendiri bagi para pemangku kepentingan, termasuk lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) untuk menghasilkan material baru melalui diversifikasi produk industri dari serat alam.

“Sekarang tinggal bagaimana kita dapat memanfaatkan potensi serat alam lokal ini menjadi bagian penting bernilai ekonomis untuk mendukung setiap tahap rantai industri berbasis serat alam,” tegasnya.

 

 

 

 


Berita Terkait :