Penanganan Covid 19 Masih Jadi Prioritas APBN 2021

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 14/12/2020 07:02 WIB
Penanganan Covid 19 Masih Jadi Prioritas APBN 2021 Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: twitter @KemenkeuRI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjadi menyampaikan jika Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021 masih akan diprioritaskan untuk program penanganan covid-19.

Demikian pula dengan program pemulihan ekonomi yang akan menjadi fokus sekunder dari belanja APBN 20201.

Menkeu mengatakan belanja-belanja didesain akan tetap didorong untuk membangun pondasi ekonomi Indonesia menjadi lebih kuat. 

“Belanja di bidang sumber daya manusia (SDM) masih prioritas utama. Untuk pendidikan lebih dari Rp500 triliun, kesehatan Rp196 triliun, bantuan sosial lebih dari Rp400 triliun, dan infrastruktur lebih dari Rp430 triliun,” kata Menkeu dalam sebuah webiner daring belum lama ini.

Ia menyatakan alokasi belanja tersebut bertujuan untuk menggerakkan roda ekonomi tahun 2021 dan menjadikan perekonomian Indonesia masuk dalam zona positif.

“Program pemulihan ekonomi juga bergantung pada kolaborasi dengan semua sektor. Langkah-langkah pemerintah hanya akan bisa berjalan apabila kolaborasi dengan sektor dunia usaha dan masyarakat,” ungkap Menkeu. 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan kolaborasi ini dapat melalui partisipasi dengan mendukung riset vaksin, produksi alat pelindung diri, dan produksi peralatan tes PCR.

Menkeu menutup paparan dengan menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan akan terus merumuskan langkah-langkah kebijakan APBN untuk mengendalikan COVID-19 dan menangani dampaknya terhadap sosial dan ekonomi.

 


Berita Terkait :